Wednesday, February 29, 2012

Arti Snmptn

Dengan dibukanya program Jalur Undangan pada Snmptn 2011 sebenarnya merupakan kemajuan tersendiri dalam sistem penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Tetapi berdasarkan publikasi media jalur ini masih belum dimengerti sepenuhnya baik oleh siswa, guru, orang tua, atau masyarakat umum. Dengan dasar pemikiran semacam ini kami merasa berkewajiban untuk memberikan penjelasan yang dapat dimengerti oleh berbagai pihak, terutama untuk para calon peserta Snmptn 2012 pastinya harus difahami sebab Snmptn Jalur Undangan merupakan gerbang pertama penerimaan Snmptn sebelum jalur ujian tulis/keterampilan digelar. Salah satu kesulitan memahami jalur undangan ini terutama dalam aspek cara/proses pendaftarannya.

Kalau kita simak jalur undangan ini ada kemiripan dengan sistem PMDK (contoh Usmi IPB) yang hanya terbuka untuk siswa yang sekolahnya mendapat undangan panitia Snmptn.
Jalur ini dimaksudkan untuk menampung siswa-siswa yang berprestasi konstan dari kelas 10 sampai 12, yang dilihat dari nilai rapor mereka.

Selama ini hampir semua PTN memiliki jatah kursi untuk siswa yang berprestasi di sekolah, antara lain dikenal dengan jalur penelusuran minat dan bakat atau penelusuran bibit unggul. Namun, mulai 2011 seleksi yang awalnya dilakukan PTN masing-masing menjadi tugas panitia SNMPTN 2011.

Siswa yang boleh mengikuti jalur ini harus masuk dalam kategori 25 persen siswa terbaik di sekolah yang sudah terakreditasi. Siswa boleh memilih dua PTN di mana pun dan bisa memilih masing-masing dua program studi.

Snmptn undangan dilaksanakan mendahului SNMPTN ujian tulis. Pengumuman penerimaan siswa yang lolos lewat jalur ini dijadwalkan sebelum pengumuman kelulusan ujian nasional (UN).

UN untuk siswa SMA/MA/SMK akan dilaksanakan pada sekitar bulan dan begitu juga dengan ujian susulannya. Sementara pengumuman kelulusan paling lambat 16 Mei 2011. Keputusan ini dimaksudkan agar siswa lebih fokus menghadapi Ujian Nasional.

Nah karena jalur undangan ini termasuk baru kami menyarankan bahwa sosialisasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) undangan harus dilakukan secara maksimal, baik lewat media massa lokal maupun dengan mengundang perwakilan sekolah ke PTN. Untuk Sekolah di daerah sosialisai harus dilakukan lebih dini sebab berdasar pengalaman tahun 2011 daerah banyak kesulitan memproses pendaftaran siswa berprestasi melalui jalur undangan di seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri karena kurangnya sosialisasi. Selain itu, penerapan program ini dinilai terlalu mendadak.

Di sisi lain, sejumlah sekolah juga kekurangan tenaga untuk mengumpulkan dan mengolah data siswa, serta kualitas akses jaringan internet tidak stabil.

Related Articles:

2 comments:

Muhamad Zaid said...

terimakasih tulisannya.

info lengkap: SNMPTN 2012 | Jalur Undangan – Tertulis

Anonymous said...

sblmx q g tw arti SNMPTN tue apa
trnyta gitu toh...
Gracias ;)

Post a Comment