Saturday, March 3, 2012

Latihan Soal Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) tahun 2012 secara resmi akan digelar mulai 16 April s.d. 10 Mei 2012. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, UN 2012 memerlukan persiapan yang lebih baik sebab kesempatan untuk mendapatkan bantuan orang lain (guru dan lain-lain) tidak memungkinkan lagi. Bagi guru yang membantu dan ketahuan akan diberi sanksi, bahkan bisa diberhentikan. Begitu juga Siswa yang didapati berlaku tidak jujur selama ujian dan terbukti, yang bersangkutan dinyatakan gugur dan tidak memiliki nilai. "Artinya, nilai yang diperolehnya nol," hal ini secara jelas dipaparkan Mendikbud M. Nuh usai rapat koordinasi terpadu bertema Penguatan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan dan Deklarasi Ujian Nasional (UN) Jujur Berprestasi, dan Pendidikan Antikorupsi di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, baru-baru ini.

Oleh karena itu siswa/i peserta Ujian Nasional 2012 perlu banyak belajar dan berlatih soal-soal sekualitas soal UN yang terstandarisasi dan sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang diterbitkan secara resmi oleh Pemerintah dalam hal ini Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP. Di situs ini kami mencoba mengkoordinasikan para pengelola situs pendidikan yang membuat contoh-contoh latihan soal yang dianggap memadai untuk mempersiapkan Ujian Nasional. Sekira 16 Paket Latihan dari berbagai sumber diberikan di situs ini, tentunya dengan lisensi dari pengelola situs yang bersangkutan. Silakan Anda manfaatkan sebaik-baiknya dan semoga Anda sukses, Amin!


Prediksi / Latihan Soal Ujian Nasional (UN) 2012




  1. Koleksi Latihan Soal Ujian Nasional (UN) 2012 bagian 1

  2. Terdiri dari 10 Jenis / Paket Latihan Soal 2012 yang dibuat oleh pengelola situs enersi.com, pengelola situs Ujiannasional.org, dan lain-lain. Silakan Anda ambil disini.

  3. Koleksi Latihan Soal Ujian Nasional (UN) 2012 bagian 2

  4. Terdiri dari 6 Jenis / Paket Latihan Soal 2012 yang dibuat oleh pengelola situs Ujiannasional.net, pengelola situs Ujian-nasional.org, dan lain-lain. Silakan Anda ambil disini


Ujian Nasional tahun 2012 mengusung tema "Kejujuran". Setiap komponen masyarakat yang terlibat dalam ujian nasional (UN) menginginkan semua peserta bisa lulus ujian tersebut. Untuk mencapai kelulusan, rambu-rambu dan nilai kejujuran harus betul-betul ditanamkan. UN bukan hanya urusan kelulusan, tapi media membangun karakter. UN juga diharapkan bisa menjadi paspor masuk perguruan tinggi secara nasional. Tahun ini menurut Mendikbud, UN sudah dipakai menjadi acuan untuk penerimaan mahasiswa baru di jalur undangan. Dua tahun lagi mudah-mudahan bisa dipakai secara sepenuhnya.

UN Bukan Sekadar tentang Kelulusan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) RI Muhammad Nuh menjelaskan, UN bukan hanya urusan kelulusan, tapi media membangun karakter. "Kalau ujian saja nyontek, kalau sudah besar pasti korup," tutur mantan rektor ITS ini. Mengantisipasi kecurangan yang mungkin terjadi, pemerintah menyosialisasikan lima jenis soal untuk setiap 20 anak. "Dalam satu kelas ada 20 anak. Ada lima tipe soal. Tiap hari anak-anak dapat tipe soal yang berbeda," katanya. Mendikbud mengatakan, sama seperti tahun lalu, jika ada siswa terbukti melakukan kecurangan, maka hasil UN nya akan dihapus.

UN juga diharapkan bisa menjadi paspor masuk perguruan tinggi secara nasional. Tahun ini, kata Mendikbud, UN sudah dipakai menjadi acuan untuk penerimaan mahasiswa baru di jalur undangan. "Dua tahun lagi mudah-mudahan bisa dipakai secara sepenuhnya," katanya.

Related Articles:

No comments:

Post a Comment