Tuesday, April 24, 2012

Strategi Pemasaran di Internet

Pemasaran (Marketing) merupakan proses penyusunan komunikasi terpadu dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Kegitan tersebut dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Di dunia internet pun pemasaran tidak jauh berbeda pengertiannya dengan konsep pemasaran pada umumnya. Pemasaran internet atau kita kerap menyebutnya e-pemasaran tiada lain merupakan upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (world wide web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-dst, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.

Pakar atau orang awam Anda secara global strategi pemasaran online menurut kami dapat dibagi menjadi 8 langkah :



  1. Tentukan tujuan. Apa tujuan pemasaran internet Anda? Sebagian besar mungkin akan menjawab untuk jualan dan menghasilkan uang. :) Tapi maksud saya adalah apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan semata atau ada tujuan lain yang ingin anda capai seperti dengan meningkatkan awareness terhadap produk anda? Atau mungkin anda juga lebih bertujuan untuk mengedukasi pasar? Atau itu sebagai bagian dari bentuk support anda terhadap konsumen?
    Tetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin anda capai dengan melakukan pemasaran lewat internet.

  2. Pahami pasar di internet. Amati bagaimana situasi pasar yang sedang anda bidik. Lihat, dengarkan, dan catat apa yang terjadi di sana.

  3. Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan kompetitor Anda.

  4. Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk menjangkau prospek dan pelanggan.

  5. Pergunakan berbagai artikel/konten untuk menarik orang kepada bisnis Anda.

  6. Mendatangkan pengunjung ke situs/blog Anda.

  7. Bina hubungan dengan pelanggan melalui berbagai kanal.

  8. Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan.



Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment