Sunday, May 20, 2012

Cara Membangun Toko Online


Belanja online merupakan kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual. Kegiatan belanja online ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet. Dengan demikian makin mempermudah dalam transaksi online. Admin megasitus.com berbagi dengan para pengunjung tentang bagaimana Cara Membangun Toko Online berdasarkan pengalaman bagaimana membuat sebuah situs yang menawarkan beragam produk secara online di internet. Beberapa perusahaan di kota Bandung sudah pernah dibuatkan situsnya seperti produk alpina, jasa laundry dll. Semua sub situs online yang dibuat tersebut semuanya dibangun di mega portal jibi.com, namun sayang pemilik perusahaan melepas situs itu kepada pihak lain.

Walaupun perkembangan toko online mulai memasyarakat tahun 98-an namun belakangan kembali mencuat jadi satu trend di negara kita berkaitan dengan komersialisasi Internet, ditandai dengan menjamurnya toko online. Kelihatannya e-commerce negara ini bangkit kembali. Siapa pun Anda, dan apa pun perusahaan yang anda ikuti selayaknya memperhitungkan sumber pendapatan alternatif yang menjanjikan ini. Sebuah toko toko online yang dibangun akan menawarkan peluang e-commerce yang tidak tertandingi saat ini.

Cara Membangun Toko Online



Jika Anda tergabung dengan 42 juta pengguna Facebook Indonesia, maka tidak pelak lagi trend ini takkan bisa luput dari perhatian. Jumlah toko online di situs jejaring sosial tersebut memenuhi dinding / wall Anda setiap hari. Beberapa rekan saya sempat kesal dengan perubahan yang tiba-tiba terjadi. Apa yang murni interaksi antar teman menjadi ajang promosi yang tiada habisnya.

Nah, bagi yang tertarik untuk memulai atau berekspansi ke dunia maya, tentunya ada daftar panjang pertanyaan yang ada di benak. Bagaimana cara yang tepat untuk memulainya? Adakah pengaruh toko online terhadap pasar dari bisnis tersebut? Apa yang dilakukan para kompetitor? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Tepatnya bagaimana proses seorang customer melakukan pembelian? Apa saja cara pembayaran yang dapat dipakai? Akankah masalah keamanan menjadi momok?

Itu hanya segelintir pertanyaan yang saya terima setiap minggunya. Panduan ini saya tulis untuk menjawab semua pertanyaan di atas, ditambah beberapa tips pribadi yang saya adopsi dari pengalaman saya belajar membangun online shop. Selamat menikmati.

Alasan Membangun Toko Online



Hal yang paling mengagumkan tentang Internet adalah pertumbuhannya yang sangat pesat. Walaupun masih banyak orang yang ragu-ragu untuk berbelanja online, mereka yang memutuskan untuk mencoba dan menyukai kepraktisannya bertambah cepat. Ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah toko online yang terlihat baik di situs jejaring sosial maupun di mesin pencari.

Bagi entrepreneur yang memutuskan untuk fokus pada dunia maya, dunia maya memberikan peluang yang tak tertandingi. Sekecil apapun operasi toko online Anda, di Internet bisa jadi sama menariknya dengan toko besar karena eksistensi toko jenis ini sepenuhnya virtual. Sering juga customer lebih menyukai toko kecil karena kedekatan yang dirasakan dengan pemiliknya. Suatu hal yang tidak didapati dari toko online besar.

Dan bagi badan usaha yang telah memiliki toko dan ingin berekspansi online, mereka dapat menjangkau lebih banyak customer… dalam cakupan nasional, bahkan internasional. Yang ragu membeli dapat melihat-lihat katalog produk online–suatu tren yang naik daun karena praktis dan hemat waktu–dan kemudian memutuskan berkunjung ke toko di dunia nyata untuk membeli. Sebenarnya langkah ini bukan merupakan pilihan lagi. Karena jika tidak, kompetitor Anda sedang mempertimbangkan dan melakukannya.

Hal-hal Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Toko Online



Membuka sebuah toko online bukan hanya sekedar menyewa satu tim web developer, menegosiasikan jumlah bayaran, mendiskusikan fitur dan kemudian membiarkan mereka melaksanakan tugasnya. Prosesnya memerlukan perhatian yang besar pada setiap langkahnya.

Dengan alasan tersebut, Anda setidaknya harus memahami bagaimana cara kerjanya secara global. Beberapa bidang yang harus diperhatikan dibagi dalam 3 kategori besar:

1. Perencanaan. Semua yang perlu diketahui, dipertimbangkan dan diputuskan sebelum memulai projek ini.
2. Mengembangkan strategi pemasaran. Bagaimana meluncurkan dan mengembangkan toko virtual tersebut, mendatangkan lebih banyak pengunjung dan memelihara hubungan yang baik dengan customer.
3. Aspek teknis. Tidak perlu mengerti detilnya, tapi bagaimana setiap komponennya bekerja membentuk suatu toko di dunia maya.


Tahap Perencanaan Toko Online



Internet adalah media yang paling cepat dan tepat untuk mencari informasi, belajar dari yang lain dan mengelola sumber daya yang dibutuhkan untuk memulai projek seperti ini. Namun ini bukan berarti semuanya dapat dilakukan sambil lalu. Anda membutuhkan suatu rencana yang matang, seperti halnya semua jenis bisnis.

Beberapa pertanyaan yang membutuhkan pertimbangan yang matang didaftarkan di bawah ini satu per satu.

Apa yang akan dijual? Apakah situs web media yang cocok? Lakukan sedikit riset untuk mencari tahu apakah suatu produk dapat dijual online. Dewasa ini, bahkan untuk bisnis yang membutuhkan kehadiran langsung, customer mengharapkan ada situs web yang dapat dikunjungi untuk berbagai informasi. Contohnya Ancol. Pengunjung terbantu dengan berita, promosi, peta dan informasi lainnya. Dan ini tentunya mendorong mereka melakukan kunjungan pada akhir pekan.

Apa yang dilakukan oleh yang lain? Satu hal yang berbeda dengan dunia maya adalah, Anda dapat melakukan riset mengenai kompetitor diam-diam dan tanpa membuang banyak waktu serta usaha. Semuanya dapat dilakukan di rumah. Competitive intelligence ini akan sangat bermanfaat untuk membedakan toko Anda dari bisnis online yang lain.

Proses ini terkadang membutuhkan waktu yang relatif panjang. Misalnya Anda berencana menjual produk kecantikan. Pencarian instan di Google akan membeberkan apa yang sedang dilakukan pemain di ceruk pasar yang sama. Apa yang mereka tawarkan? Paket promosi seperti apa yang bekerja? Memang tidak bisa disimpulkan dengan tingkat akurasi 100 persen, tapi bila Anda memonitor kegiatan situs selama beberapa waktu, akan menjadi jelas dengan sendirinya.

Promosi yang berhasil akan dilakukan berulang-ulang, terutama bila promosi tersebut dilakukan melalui media iklan. Hal-hal lain yang dapat dipetik adalah pemilihan produk, positioning dari produk, struktur harga dan bahkan pertanyaan dan masalah yang sedang dihadapi oleh prospek Anda. Bila mereka memiliki forum di mana komunitas berkumpul dan berdiskusi, ada banyak hal yang dapat dipelajari dari sana.

Semua kegiatan ini membutuhkan waktu, namun manfaatnya akan jauh melebihi investasi waktu yang Anda lakukan. Dari semua pengetahuan yang diperoleh, Anda dapat membedakan bisnis online Anda dari yang lain.

Siapa customer Anda? Apakah mereka dapat dijangkau dengan efektif online? Penetrasi Internet memang lebih kerap terjadi untuk grup usia yang relatif muda, tapi tidak berarti produk-produk yang diperuntukkan untuk dewasa akan sepi pembeli. Hal yang perlu Anda ketahui adalah apakah Anda dapat menjangkau dan menjual kepada grup customer Anda dengan baik? Adakah kanal yang ekonomis atau bahkan gratis? Tentunya ini semua tergantung dari harga produk dan besarnya keuntungan per customer. Semakin besar nilai tersebut, semakin tinggi kemampuan dan bervariasi hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan seorang customer.

Bila produk Anda tidak terbatas untuk lokasi tertentu, pemasaran akan jauh lebih mudah. Bisnis yang terikat pada lokasi geografis tertentu harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi pemborosan biaya saat melakukan promosi. Misalnya melalui iklan, harus ada cara untuk menjangkau pemirsa tertentu agar pemirsa yang Anda capai tertarget.

Setiap segmen pasar juga unik sehingga pemasaran dan komunikasi harus dilakukan khusus untuk konsumen tersebut. Apakah Anda dapat melakukan interaksi dengan mereka melalui media sosial seperti Facebook?

Sumber daya apa saja yang Anda butuhkan? Menjalankan toko online memerlukan perhatian ekstra. Ada teknologi yang harus diintegrasi. Strategi bisnis dan pemasaran yang harus direncanakan. Operasi sehari-hari serta administrasi yang harus dilaksanakan agar semuanya berjalan lancar dan memiliki potensi untuk berkembang.

Pemilihan teknologi yang tepat untuk situs Anda sangat menentukan. Misalnya bila Anda menjual produk nyata, bukan digital, bagaimana mengintegrasikan antar muka dengan investaris atau stok yang ada? Apakah software yang terpilih mendukung cara pembayaran dan pengiriman yang Anda pilih? Bagaimana desain situs yang baik? Apakah Anda membutuhkan bantuan profesional untuk itu?

Apa yang Anda lakukan untuk melayani pertanyaan prospek? Customer service merupakan salah satu komponen yang tidak dapat diabaikan. Hanya karena Anda menyewa staf tetap untuk menangani bidang ini tidak berarti semua masalah beres. Pelatihan dan komunikasi tetap merupakan hal yang penting karena customer service merupakan citra toko online yang Anda miliki, karena mereka langsung berinteraksi dengan prospek dan customer.

Bagaimana cara mengirim barang ke customer? Ada beberapa pilihan. Jika target Anda customer lokal, melakukan pengiriman sendiri melalui kurir mungkin dapat dipertimbangkan. Beberapa toko online yang saya ketahui melakukannya. Cara ini tidak saya sarankan karena akan menambah beban operasi yang harus ditangani.

Jasa pengiriman seperti TIKI dan JNE menawarkan solusi yang terjangkau. Beberapa jasa lainnya menawarkan harga yang lebih miring, tapi kedua jasa yang disebutkan di atas memiliki fasilitas pelacakan resi yang sangat bermanfaat baik untuk customer maupun bagi pihak toko.

Luasnya dan bervariasinya letak geografis serta infrastruktur transportasi di Indonesia menyebabkan perbedaan yang mencolok untuk biaya pengiriman. Harus diakui untuk barang-barang tertentu, biaya ini saja akan memberatkan sebagian customer. Tapi tidak perlu patah semangat. Penawaran produk yang baik sering akan mendapat sambutan yang hangat dan Anda tidak akan pernah menduga banyak customer yang mau melakukan apa saja, dan membayar berapapun, untuk memiliki produk yang mereka sukai.

Jenis pembayaran apa saja yang dapat diterima? Jawabannya tergantung. Sejauh ini semua toko online yang saya ketahui menerima pembayaran melalui Internet banking, ATM, ataupun setoran langsung. Beberapa toko memutuskan untuk menerima jenis pembayaran dalam bentuk lain seperti PayPal, yaitu layanan pembayaran online melalui email. PayPal berlaku secara internasional dan dapat dikaitkan dengan kartu kredit dan akun bank Anda. Saat ini pemrosesan kartu kredit masih belum merupakan pilihan yang lazim karena berbagai masalah.

Setidaknya milikilah akun BCA dan Bank Mandiri karena kedua bank tersebut merupakan bank yang paling diminati konsumen. Kedua bank tersebut juga menawarkan transaksi online yang sangat nyaman tanpa harus ke ATM atau bank terdekat.

Strategi Pemasaran Toko Online



Ada satu hal yang harus Anda ketahui. Memasarkan produk melalui Facebook kelihatannya mudah. Mendaftar sebuah akun juga gratis. Tapi inilah hal yang kurang diperhatikan oleh para pemilik toko online. Mereka berasumsi karena yang lain melakukannya, itulah cara yang tepat.

Kebijakan Facebook dengan tegas melarang pendaftaran akun selain individu atau pribadi. Jika Anda melakukannya, akun Anda dapat dihapus kapan saja. Melakukan tagging foto-foto produk secara acak dan menambahkan orang-orang ke daftar teman tanpa mengetahui mereka secara pribadi sering berakhir dengan sanksi pemblokiran. Ini semua dapat dihindari bila Anda merencakan strategi pemasaran terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa strategi jangka panjang yang telah terbukti di lapangan:

Mesin pencari (search engines). Kompetisi bisa jadi sengit, tapi setiap produk adalah kesempatan yang berlainan untuk mendapatkan ranking yang baik di hasil pencarian. Dewasa ini, karena besarnya pangsa pasar dan penetrasinya di antara pengguna Internet, Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang patut diberikan perhatian lebih bila Anda menargetkan hasil pencarian organik.

Cara yang alami membutuhkan waktu untuk mendapatkan ranking yang Anda inginkan. Alternatifnya, Anda dapat membeli iklan yang akan ditampilkan di bagian sponsor–sebelah atas dan kanan dari hasil pencarian–untuk menjangkau prospek tertentu.

Strategi mesin pencari merupakan salah satu yang paling populer. Mengapa? Karena sebagian besar pemakai Internet menggunakannya untuk mencari segala jenis informasi, termasuk produk-produk yang mereka inginkan. Hasil riset menunjukkan metode ini menempati urutan pertama dalam daftar strategi favorit usaha mikro, kecil, menengah maupun besar.

Pengguna mesin pencari juga terbukti akan membuka dompet untuk membeli produk atau jasa. Walaupun membutuhkan waktu dan usaha, strategi ini paling ramai dilirik pemilik usaha sebab pengunjung yang akan didapatkan sifatnya gratis.

Bila Anda memilih jalur berbayar, Google menawarkan sistem periklanan pay per click, atau bayar per klik. Biaya yang ditimbulkan bisa meledak bila tidak berhati-hati dalam eksekusinya. Strategi ini hanya disarankan untuk mereka yang tahu apa yang mereka lakukan. Biasanya bagi yang sudah berpengalaman dan tahu berapa nilai per customer mereka dapat menggunakan kanal ini secara efektif. Cara ini juga dapat dipakai untuk melakukan eksperimen terhadap suatu produk karena Anda dapat mendatangkan pengunjung dengan cepat.

Email marketing. Jika dilakukan dengan benar, email marketing berpotensi besar. Berlainan dengan strategi yang lain, email dapat menggali dan memperdalam hubungan dengan customer dan membuka komunikasi yang hanya dapat dilakukan secara perlahan-lahan. Seorang marketer tentu telah menyadari pentingnya pendekatan ini. Seorang customer yang memiliki hubungan khusus dengan Anda akan menjadi customer selamanya.

Situs selaku media memang bermanfaat, tapi pengunjung yang datang jarang akan kembali kecuali mereka sangat menginginkan apa yang Anda tawarkan. Bahkan jika mereka kembali, tidak ada komunikasi proaktif yang dilakukan melalui situs. Tidak ada kontrol yang mengkonversi seorang prospek menjadi customer.

Publikasi newsletter melalui email, misalnya, dapat membantu seorang prospek memahami tentang keunggulan produk Anda. Proses ini tidak selamanya harus melibatkan pesan pemasaran yang agresif, tapi juga tips dan informasi yang membantu. Cara ini, yang saya namakan content marketing, telah terbukti lebih efektif.


Jejaring sosial. Seperti yang dikatakan di atas, Facebook menawarkan peluang yang sangat besar karena ada puluhan juta orang yang aktif menggunakannya. Masalahnya bila Anda tidak ingin sumber pengunjung Anda hilang dalam seketika, pergunakanlah cara yang mematuhi peraturan dan kebijakan Facebook. Setidaknya carilah strategi alternatif yang dapat Anda pergunakan agar bisnis online Anda tidak terancam karena tergantung pada satu sumber pengunjung.

Facebook menawarkan fasilitas Page atau Halaman yang khusus didesain sebagai profil perusahaan, komunitas, dan organisasi. Akun Facebook hanya diperkenankan untuk perorangan. Dengan semakin maraknya penyalahgunaan, penegakan kebijakan akan semakin sering dilakukan… jadi berhati-hatilah.

Beberapa pemula tidak mengerti mengapa Facebook melakukannya. Alasannya sederhana saja. Kelangsungan hidup Facebook sangat tergantung dari kualitas layanan yang diberikan. Bila semua yang terlihat oleh pemakai yang login hanya tawaran produk, cepat atau lambat semuanya akan menjauhi Facebook. Tentunya ini bukan hal yang diinginkan.

Alasan kedua adalah Facebook menawarkan program iklan. Anda dapat mempromosikan dan mencari peminat untuk Page / Halaman Anda melalui iklan. Dengan strategi ini, Facebook mendapatkan penghasilan yang dapat mendukung operasi situs mereka yang mahal. Lagipula, sebagai badan komersil, memang tujuan mereka mencari keuntungan.

Aspek Teknis Toko Online



Strategi yang melibatkan Internet tidak dapat menghindari teknologi. Kabar baiknya, seiring dengan perkembangan teknologi, semua hal-hal yang berbau teknis telah mengalami perkembangan yang cukup berarti. Artinya, bahkan seorang awampun dapat belajar menggunakan teknologi tanpa banyak kesulitan.

Beberapa aspek teknis dalam membangun dan mengoperasikan toko online



Pemilihan hosting dan server. Yang satu ini merupakan topik yang sangat sering dibahas, tapi juga sering disalahartikan. Banyak pemula yang berusaha mencari hosting murah karena bagi mereka semuanya sama saja. Tidak demikian. Hosting murah hanya diperuntukkan untuk situs pribadi yang tidak penting apakah akan mengalami masalah selama berjam-jam dalam sebulan.

Membeli hosting murah untuk situs Anda sama saja dengan membuka toko mewah Anda dengan lapak beralas koran. Tidak ada yang akan menanggapi Anda dengan serius. Jika situs Anda lambat, sering down dan bermasalah, pengunjung akan pergi. Setiap insiden akan memperburuk citra, mengurangi penjualan dan mendatangkan masalah yang pelik.

Hosting yang berkualitas tidak harus mahal. Hanya dengan 10 sampai 20 dolar per bulan Anda dapat membeli hosting untuk usaha kecil dan menengah yang berkualitas.

Software pengelola konten dan shopping cart. Pilihan yang tepat akan menghindari frustrasi yang tiada akhir. Banyaknya pilihan yang tersedia seringkali membingungkan. Dan tergantung kepada suatu software house untuk keputusan penting ini bukanlah hal yang bijak.

Jika Anda belum bisa memutusksan, cobalah pergunakan aplikasi pengelola konten terlebih dahulu. Prosesnya tidak harus sulit dari awal. Ketika saya membangun toko online pertama sekali, semuanya hanya teks dan gambar. Pemesanan dilakukan melalui SMS dan email. Metode ini cepat dan Anda dapat langsung menerima pesanan. Namun untuk jangka panjang, proses ini bukanlah yang paling optimal dan nyaman bagi customer.

Toko online yang efisien terdiri dari shopping cart / troli virtual yang dapat dipergunakan oleh customer secara elektronik. Penerimaan order dan konfirmasi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis tanpa campur tangan Anda. Tentu saja, customer support masih diperlukan jika ada pertanyaan tambahan dari prospek sebelum mereka membeli.

Desain situs yang menarik. Bukan saja menarik, tapi usable. Artinya seorang pengunjung harus dapat dengan mudah menggunakannya. Aspek ini sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang tetap tinggal di situs Anda dan kemudian membeli. Templat dan tema desain yang baik tidak dibanjiri dengan puluhan kotak dan gambar. Seorang desainer profesional akan tahu cara membuat layout tampilan yang berfungsi dengan baik, namun selaku pemilik toko Andalah yang menentukan apa yang harus dan tidak perlu ditampilkan.

Demikian ulasan singkat bagaimana cara membangun toko online, semoga bermanfaat Amin Yaa Rabbal Alamin! Salam sukses!

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment