Wednesday, May 23, 2012

Jadwal Penerimaan Cpns 2012

Semula kita berkesimpulan bahwa pada masa kebijakan Moratorium cpns tidak (bisa) dibuka sama sekali penerimaan Cpns. Sebab dari artinya saja Moratorium cpns bisa berarti penghentian sementara penerimaan CPNS dengan salah satu tujuannya untuk pemaksimalan kerja PNS. Kebijakan moratorium PNS di Indonesia dimulai 1 September 2011 hingga 1 Desember 2012 (Ada versi yang mengatakan moratorium PNS berlaku hingga 2013/Republika).

Namun pemerintah kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Azwar Abubakar, menegaskan moratorium itu tak berarti penerimaan dihentikan total.



Lowongan cpns yang dibuka oleh Pemerintah adalah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang. Penerimaan CPNS tersebut dibuka untuk seluruh departemen dan pemerintah daerah hingga tingkat kabupaten dan kota melalui jalur umum yang didasari analisa jabatan. Tapi syaratnya daerah harus membuat analisa kebutuhan, apa yang sudah ada dan apa yang belum ada, tes penerimaan CPNS reguler akan dilakukan tahun ini.

Sementara itu, untuk pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) kategori II sebagai CPNS, menteri mengatakan pihaknya belum menerima hasil pendataan PTT kategori II secara keseluruhan. Pengangkatan PTT kategori I menjadi CPNS tahun ini harus rampung sementara kategori II tahun depan, demikian disampaikan Menpan.

Dari uraian tersebut kita berkesimpulan bahwa Pemerintah memang berencana membuka penerimaan cpns tahun 2012, cuman permasalahannya kapan atau tanggal berapanya : jadwalnya belum disusun.

Sementara itu Direktur Econit Hendri Saparini mempertanyakan soal pembukaan kembali lowongan pegawai negeri sipil secara reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60.000 orang pada tahun ini. Pasalnya, moratorium penerimaan PNS seharusnya berlangsung hingga 31 Desember 2012.
Ia memandangnya ada pos-pos yang urgent (mendesak). Apabila penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) diperuntukkan bagi posisi pelayanan publik, seperti guru atau dokter, itu bisa saja. Dan, ia mengingatkan apakah sejak moratorium dilakukan, yakni 1 September 2011, telah dilakukan evaluasi.

Jangan sampai evaluasi hanya menyentuh sisi kuantitas, tetapi belum dari sisi kapabilitas PNS. Bila penerimaan tahun ini belum didasarkan pada evaluasi secara benar, kata Hendri, ini akan memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Tidak hanya jangka pendek dan ke depannya.

Pemerintah membuka penerimaan calon PNS reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60.000 orang. Hal ini dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Makassar, Sabtu (19/5/2012). "Moratorium PNS tidak menutup penerimaan reguler dan membuka kesempatan penerimaan PNS tahun ini sebanyak 60.000 orang untuk reguler," kata Azwar.

Penerimaan CPNS tersebut dibuka untuk seluruh departemen dan pemerintah daerah hingga tingkat kabupaten dan kota melalui jalur umum yang didasari analisis jabatan. "Akan tetapi, syaratnya, daerah harus membuat analisis kebutuhan, apa yang sudah ada dan apa yang belum ada," tutur dia.

Azwar pun menegaskan, moratorium tidak berarti penerimaan PNS ditutup. Penerimaan tetap dibuka dan harus melalui analisis jabatan. "Kita sudah latih analis-analis jabatan lebih dari 3.000 orang, mereka yang menghitung di setiap kabupaten," ungkapnya.

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment