Friday, May 25, 2012

Jadwal Pengumuman UN SD 2012

Hasil Ujian Nasional SD dijadwalkan paling lambat bulan Juni. Mengenai pengumuman hasil UN SD/MI akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing, jadi setiap daerah bisa saja berbeda-beda tangal dan hari pengumumannya. Kenapa demikian? Menurut kami karena penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah sangat erat dengan kebijakan daerah. Daerah begitu terlibat dalam UN SD, mulai pembuatan soal, sistem pengawasannya, pengaturan kelulusannya, bahkan pengumumannya.

Sebagaimana kita maklumi bahwa pelaksanaan UN SD/MI hampir sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Hal itu dibuktikan dengan 75 persen soal UN SD yang disiapkan oleh pemerintah daerah, dan sisanya berasal dari pemerintah pusat.

Selain itu, pengaturan kelulusannya juga diberikan kepada sekolah beserta pemerintah daerah. Komposisinya, 60 persen hasil nilai UN dan 40 persen berasal dari nilai sekolah.

Sama seperti UN SMP dan SMA, waktu UN susulan juga disediakan kepada semua siswa yang berhalangan hadir karena alasan jelas.

Sesuai jadwal, UN susulan dijadwalkan pada pada 14-16 Mei. Mengenai pengumumannya, hasil UN SD akan diumumkan sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Dengan berbagai kebijakan tersebut sudah seyogyanya kelulusan UN SD bisa mencapai persentasi hasil di atas hasil UN jenjang pendidikan lainnya. Terima kasih!

Beberapa Jadwal Pengumuman UN SD 2012 di sebagian Daerah di Indonesia


Pengumuman hasil UN SD 2012 sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing sekolah dan pemerintah daerah.


  1. Pengumuman hasil UN SD Nusa Tenggara Timur | 20 Juni 2012 : keterangan Kepala Dinas PPO NTT, Drs.Klemens Meba

  2. Pengumuman hasil UN SD Provinsi Bengkulu | 16 Juni 2012, karena enam Kabupaten belum serahkan daftar nilai UAS



Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment