Wednesday, May 23, 2012

Jenis-jenis Soal Psikotes

Ragam soal Psikotes demikian banyak. Sebagai suatu tes yang bertujuan mengukur fungsi kognitif dan emosi seseorang, psikotes dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan baik medis (untuk keperluan terapi, dll) maupun non-medis. Jenis-jenisnya cukup banyak dan terkesan sulit dikuasai, namun perlu Anda pelajari untuk kesuksesan karir anda. Mari kita sederhanakan menjadi tiga macam jenis psikotes agar mudah kita mengerti.


Psikotes yang menggunakan media grafis



Dalam psikotes jenis ini kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang dinilai dari gambar yang dibuatnya. Yang termasuk dalam kategori psikotes grafis ini adalah Tes Wartegg, Tes DAP (Draw A Person), Tes Baum Tree, dan Tes HTP (House Tree Person).

Psikotes yang menggunakan kuesioner



Dalam psikotes ini kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang dinilai berdasarkan jawaban-jawabannya terhadap sejumlah soal yang diberikan kepadanya. Yang termasuk dalam kategori psikotes ini adalah Tes Army Alpha, Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes Kode dan Ingatan, Tes TPA (Kuantitatif, Logika, Verbal dan Spasial), Tes MAPP, Tes Motivasi Kepemimpinan, Tes Motivasi, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama, serta Tes Potensi Sukses.

Psikotes Wawancara



Psikotes wawancara (interview) merupakan jenis psikotes yang menilai kemampuan, karakter, dan kepribadian seseorang berdasarkan jawaban-jawabannya terhadap pertanyaan yang diajukan secara lisan melalui tatap muka langsung dengan penguji.

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment