Thursday, May 24, 2012

Pendaftaran Snmptn

Teknis Pendaftaran Snmptn dilakukan secara online. Tata cara dan Teknis Pendaftaran Seleksi Nasional PTN tumbuh dan berkembang sejalan dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Pada saat seleksi PTN masih bernama SKALU, Proyek Perintis, Sipenmaru, dan UMPTN di awal tahun 90-an, teknis pendafaran masih menggunakan cara-cara yang konservatif karena perkembangan teknologi informasi (internet) belum berkembang di Indonesia. Tetapi semenjak internet berkembang teknis pendaftaran tidak lagi dilaksanakan secara manual, semua berkas / data pendaftaran calon mahasiswa baru dientry secara online semenjak SPMB digelar.

Teknis pendaftaran SPMB dilaksanakan dengan mengakses spmb.or.id, begitu pun berbagai informasi seleksi dan pengumuman hasil kelulusan semuanya diselenggarakan secara online di internet. Berdasarkan pengalaman kami di Bandung, setiap jadwal pengumuman Spmb, para siswa dan orang-tua siswa berkumpul jauh-jauh sebelum pengumuman dikeluarkan. Mereka dengan sabar menunggu pengumuman, bahkan sampai larut. Dengan akses internet yang masih tidak terlalu cepat pada saat itu, sedringkali koneksi terputus, bahkan dengan bandwith yang terbatas seringkali para peserta Spmb tidak bisa mengakses situs resmi karena banyaknya pengunjung dari banyak tempat.

Pada Era Snmptn sejak pertama kali digelar tahun 2008, teknologi dalam hal penerimaan mahasiswa baru berkembang pesat. Website resmi yang beralamat di Snmptn.ac.id bisa diakses dengan cepat, baik untuk pendaftaran, memperoleh berbagai jenis info, termasuk Pengumuman Snmptn dapat diakses dengan cepat bahkan dari rumah kita.

Berbicara Pendaftaran Snmptn khususnya untuk tahun 2012, tidak lagi tertumpu pada satu jalur yakni tertulis. Namun ada jalur lainnya yang bernama Snmptn Undangan yang pelaksanaannya lebih dulu dari Snmptn tertulis bahkan lebih cepat dari pelaksanaan Ujian nasional.

Berikut tim megasitus.com menyampaikan Jadwal Resmi Pendaftaran Snmptn tahun 2012, termasuk jadwal seleksi, pengumuman, dan registrasinya. Simak selengkapnya di situs favorit Anda megasitus.com :

Pendaftaran Snmptn



Jalur SnmptnPendaftaranSeleksiPengumuman Registrasi
Undangan 1 Februari – 8 Maret 9 Maret – 15 Mei 28 Mei 12 – 13 Juni
Tertulis 10 – 31 Mei 12-13 Juni 7 Juli Sekitar 2 hari pasca Pengumuman


Perguruan Tinggi Negeri (PTN) peserta seleksi Snmptn membuka sekitar 120 ribu kursi yang dialokasikan oleh 61 PTN di seluruh Indonesia untuk SNMPTN 2012. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Djoko Santoso dalam konferensi pers Panduan Peserta untuk Pendaftaran SNMPTN 2012 jalur tertulis yang berlangsung di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djoko menyatakan bahwa terjadi kenaikan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tertulis SNMPTN 2012 dibandingkan SNMPTN 2011. Kenaikan tersebut disebabkan beberapa alasan yaitu ikut bergabungnya dua perguruan tinggi negeri baru (Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Universitas Musamus) dalam SNMPTN 2012 dan pembukaan program studi baru di beberapa Universitas Negeri.

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment