Tuesday, May 15, 2012

Problematika Soal Tes Cpns

Diakui atau tidak bahwa tidaklah mungkin semua peserta ujian cpns bisa diterima sebagai pns karena persaingan yang relatif ketat. Persaingan yang cukup berat tersebut harus kita siasati dengan mengetahui Komposisi soal seleksi Cpns di Indonesia. Disamping itu perlunya difahami oleh para peserta berbagai permasalahan soal tes cpns, terutama istilah teknis yang penting.

Komposisi soal seleksi Cpns setiap departemen (Depag, Depkes, Depperin, Depdag, Depkeu, Depdiknas, DPU, DKP, Depbudpar, Dephan, Dephub, Dephut, Depkominfo, Depdagri, Deplu, Deptan), CPNS BUMN, CPNS Pemerintah Provinsi (Pemprov), CPNS Pemerintah Daerah (Pemda), CPNS Pemerintah Kota (Pemkot), CPNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab), maupun CPNS dari lembaga Pemerintah lainnya (TNI, Polri, BPK, dll), untuk saat ini, secara umum mengujikan materi-materi :


Suatu Model Materi Ujian Cpns



Materi

Sub Materi

* Ideologi dan Falsafah

Pancasila dan UUD 1945

* Sosial Politik

Sejarah, Pemerintahan, Tata Negara

* Bahasa

Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia

* Tes Bakat Skolastik (TBS)

Verbal (Bahasa), Kuantitaif, Logika (Penalaran), Spasial (Gambar)

* Tes Skala Kematangan

Aspek-aspek psikologi kematangan tertentu (integritas, tanggungjawab, semangat berprestasi, pengendalian diri, dll)

* Tes Kemampuan Bidang

Tambahan materi bidang tertentu sesuai dengan Lembaga Penerima CPNS. Misalnya Depkeu mengujikan materi wawasan Ekonomi. Dephut mengujikan materi wawasan kehutanan. Depkes mengujikan materi wawasan kesehatan. Depag mengujikan materi wawasan agama, dan seterusnya untuk setiap departemen lazimnya memiliki materi tambahan sesuai misi departemen.



Untuk mengenal lebih baik lagi tentang soal cpns dan berbagai kiat sukses untuk mempersiapkan ujian cpns Anda silakan baca artikel Soal Cpns, Terima kasih dan semoga sukses Amin!

Problematika Soal Tes Cpns



Mengapa materi Pancasila dan UUD diujikan dalam Ujian CPNS ?

Pancasila adalah dasar dan falsafah negara Indonesia dan UUD merupakan konstitusi tertulis paling tinggi yang menjadi landasan bernegara. Setiap calon pegawai negeri sipil (cpns) harus memiliki pemahaman yang baik mengenai eksistensi dan fungsi mendasar dari Pancasila dan UUD. Syarat utama pegawai bangsa (pegawai negeri) tentulah harus memiliki pemahaman yang baik mengenai Pancasila dan UUD. Oleh sebab itu, anda haruslah mempelajari secara sungguh-sungguh sehingga menguasai materi Pancasila dan UUD yang penting ini.



Mengapa materi Sejarah dan Pemerintahan (Tata Negara) diujikan dalam Ujian CPNS ?

Salah satu materi pokok yang diujikan dalam soal Ujian CPNS adalah materi Sejarah & Pemerintahan Tata Negara. Syarat penting untuk bisa menjadi pegawai negeri adalah harus menguasai seluk beluk sejarah Indonesia dan sejarah penting dunia. Serta memahami sistem pemerintahan dan tata negara Indonesia. Dengan demikian, anda haruslah mempelajari materi ini secara serius sehingga mampu menguasainya dengan baik.

Mengapa materi Bahasa Inggris diujikan dalam Ujian CPNS ?

Setiap calon pegawai negeri harus mampu menguasai materi bahasa Inggris dengan baik, karena bahasa Inggris adalah bahasa resmi internasional, bahasa resmi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), dan bahasa yang paling banyak dipakai sebagai komunikasi internasional. Kemampuan bahasa Inggris juga mencerminkan wawasan dan kecerdasan seseorang apakah dia layak untuk diterima sebagai pegawai negeriatau tidak.

Mengapa materi Bahasa Indonesia diujikan dalam Ujian CPNS ?

Materi Bahasa Indonesia adalah materi standar dalam soal Ujian CPNS. Setiap calon pegawai negeri haruslah menguasai dan menerapkan bahasa Indonesia dengan baik, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara. Bahasa Indonesia juga termasuk bahasa yang paling banyak dipakai sebagai alat komunikasi penduduk dunia. Selain itu, Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang mempersatukan bangsa sesuai dengan Sumpah Pemuda 1928. Bagaimana pun materi ujian cpns Bahasa Indonesia teramat penting, karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa resmi negara Indonesia.

Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) verbal diujikan dalam Ujian CPNS ?

TBS Verbal (bahasa) menguji kemampuan seseorang dalam hal sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan kemampuan seseorang dalam hal pengelompokan atau identifikasi kata. Tes ini cukup penting karena dapat menjadi parameter kecakapan intelektual seseorang calon pns.

Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) numerik diujikan dalam Ujian CPNS ?

TBS Numerik (angka) ini penting untuk diujikan dalam Ujian CPNS karena bertujuan menguji kemampuan seseorang dalam hal aritmetik (berhitung), kemampuan berpikir terstruktur untuk melihat seri angka, seri huruf, kemampuan berlogika dalam angka dan kemampuan memformulasikan logika angka dalam cerita.

Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) logika diujikan dalam Ujian CPNS ?

Tes logika ini dipandang penting karena dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan calon PNS dalam hal penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) spasial diujikan dalam Ujian CPNS ?

Tes gambar ini bertujuan menguji daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Mengapa materi Tes Skala Kematangan (TSK) diujikan dalam Ujian CPNS ?

Tes Skala Kematangan penting diujikan dalam Ujian CPNS karena tes ini sesungguhnya adalah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Materi Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam Ujian CPNS lebih menekankan aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang pegawai negeri dalam bertugas. Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Skala Kematangan CPNS tersebut adalah aspek integritas, aspek kejujuran, aspek tanggung-jawab, aspek kemampuan beradaptasi, aspek pengendalian diri, aspek semangat berprestasi, aspek inisiatif, aspek kreatifitas kerja, aspek ketekunan, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek ketegasan, aspek kepercayaan diri, aspek toleransi, aspek kepedulian lingkungan, dan aspek efisiensi cara kerja.

Bagaimana persiapan terbaik untuk menghadapi Ujian CPNS ?

Persiapan terbaik dalam menghadapi ujian CPNS adalah berlatih dan menguasai pola variasi soal yang merupakan "major points", situs kami (megasitus.com) memberikan tips-tips sukses ujian cpns beserta materi-materi yang perlu difahami oleh calon peserta.

Apa yang dimaksud dengan "major points" ?

Materi "major points" adalah materi utama (materi intisari) yang harus mampu dipahami dan dikuasai oleh seseorang agar dia layak menjadi seorang pegawai bangsa (pegawai negeri sipil). Masing-masing soal ujian CPNS, apakah itu Pancasila, UUD, Sejarah, Pemerintahan/Tata Negara, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TBS maupun TSK semuanya memiliki "major points". Untuk mampu lolos Ujian CPNS anda harus mampu menguasai "major points" masing-masing materi tersebut.

Bagaimana caranya agar saya bisa menguasai "major points" masing-masing materi ?

Berdasarkan penelitian yang mendalam terhadap trend, pola dan variasi soal CPNS selama 10 tahun terakhir, tim ahli yang berkerjasama dengan kami telah berhasil merumuskan "major points" dari masing-masing materi yang diujikan dalam Ujian CPNS. Yaitu "major points" untuk Pancasila, UUD, Sejarah, Pemerintahan/Tata Negara, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TBS maupun TSK. Dari "major points" inilah, kemudian tim ahli kami juga menyajikan untuk anda, paket ebook "Prediksi Soal CPNS 2012". Dengan menguasai materi soal-soal yang disajikan dalam paket ebook tersebut, maka Insya Allah peluang anda untuk lolos Ujian CPNS dapat meningkat secara signifikan.

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment