Friday, May 25, 2012

PSB Online

Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2011 menyelenggarakan penerimaan siswa baru untuk setiap jenjang pendidikan yang dilaksanakan serentak pada Kamis, 30 Juni hingga 7 Juli di sekolah masing-masing. Kegiatan tersebut berhasil dilaksakan walaupun tidak sepenuhnya dilakukan secara online. Berbeda dengan dinas pendidikan DKI Jakarta yang sejak tahun pelajaran 2010/2011, seluruh proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB) dari tingkat SD hingga SMA/SMK Negeri di Jakarta dilakukan secara online. Para calon siswa bisa melihat langsung di situs penerimaan siswa di setiap sekolah. Khusus untuk tingkat SD, PSB online baru diterapkan tahun 2010.

Sistem penerimaan siswa baru secara online ini sangat terbuka dan memudahkan masyarakat. Pendaftar tinggal datang ke sekolah terdekat dan tidak harus ke sekolah yang dituju/dipilih untuk mendaftar. Mereka bisa memantaunya setiap saat, dari manapun dan kapan pun sambil mengerjakan tugas-tugas yang lainnya.


Memang di DKI Jakarta teknologi informasi sudah lebih canggih daripada di daerah-daerah. Mereka (para orang tua / siswa) memperhatikan perkembangan proses penerimaan bisa online di internet, tidak harus beranjak ke sekolah yang dituju. Semua jadwal PPDB dan daftar siswa yang diterima bisa dilihat di www.ppdbdki.org.

Untuk tahun ini Dinas Pendidikan Kota Surabaya juga memanfaatkan sistem online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Melalui alamat website www.ppdbsurabaya.net, masyarakat dapat mengakses informasi peluang pendaftaran dan persaingan masuk di semua jenjang pendidikan secara transparan dan bebas siswa ''titipan''.

Selain menjunjung tinggi prinsip transparansi, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, sistem online juga sesuai dengan nilai-nilai efektivitas dan efisiensi. Dengan sistem penerimaan yang online pendaftar tidak perlu mendatangi masing-masing sekolah, hanya perlu mencari jaringan internet kapan saja bisa mengakses. Bagi sebagian warga yang belum terbiasa dengan penggunaan internet, sistem tersebut memang masih menjadi kendala, karena itu pihaknya berupaya menyederhanakan cara pendaftaran, memberi kesempatan untuk mencoba atau latihan pendaftaran sebanyak 4 kali, dan menyediakan tenaga pembantu pendaftaran. Tenaga-tenaga tersebut disiagakan di mobil keliling yang disebar di tempat-tempat umum dan sekolah di Surabaya.

Dalam pendaftaran tahun ajaran 2012-2013 kali ini yang dipakai adalah nilai murni UN sebagai syarat utama untuk masuk. Pendaftaran secara online dibuka sejak Senin (21/5/2012).

Sementara itu, jadwal PPDB RSBI online, bagi pendaftaran RSBI luar kota untuk SMP dan SMA atau SMK dibuka mulai 23-25 Juni, dan diumumkan pada 1 Juli 2012.

Sama dengan tahun ajaran sebelumnya, Dinas Pendidikan Surabaya menetapkan 1 persen kuota untuk peserta didik dari luar kota Surabaya, 5 persen untuk keluarga tidak mampu.

Tahun ini jumlah lulusan dari SD/ SDLB/MI/SMP/SMPLB/MTs di Surabaya mencapai sekitar 80.000 calon siswa. Sistem penerimaan siswa baru secara online ini diterapkan Kota Surabaya sejak 2003 lalu untuk mencegah praktik ''siswa titipan'' yang biasa dilakukan oleh pejabat dan masyarakat menengah ke atas.

Copyright©2012

Related Articles:

No comments:

Post a Comment