Friday, May 25, 2012

Seleksi PTN

Seleksi PTN atau seleksi perguruan tinggi negeri merupakan ujian masuk universitas negeri yang diselenggarakan secara rutin, baik yang ditangani oleh panitia khusus seperti Snmptn dan UMB PTN ataupun yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan semisal seleksi USM ITB, Smup Unpad, UM Undip, UM Upi, Usm Stan, Spmb Unsoed, Simak UI, PMDK Unair, dan lain-lain. (pengertian/definisi dari team megasitus.com).

Setiap jenis seleksi PTN tersebut mempunya kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan, baik dari aspek penyelenggaraan maupun materi yang diujikan. Silakan anda cermati kupasan kami tentang seleksi PTN yang semoga bermanfaat untuk Anda para calon mahasiswa universitas negeri, Amin Yaa Rabbal Alamin!



Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan berbagai kebijakan seleksi, maka kemudahan-kemudahan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi pun makin menguntungkan siswa peserta ujian. Sebagai ilustrasi, dulu di era tahun 90-an seleksi PTN yang diadakan hanya terbatas pada beberapa seleksi seperti Sipenmaru dan PMDK, belum begitu banyak dikenal seleksi nasional lain, ataupun jalur khsusus masuk PTN seperti UM Undip, UM Upi, dan lain-lain.

Dewasa ini, seorang siswa lulusan SMA/MA/SMK sederajat bisa mengikuti lebih dari satu jenis seleksi dan tentunya semakin besarlah peluang mereka untuk bisa diterima di universitas pilihan. Sebagai contoh seorang siswa A bisa mengambil / mengikuti seleksi Universitas X, bisa juga ikut ujian universitas Y, dan untuk memperbesar peluangnya ia bisa mengembangkannya untuk memilih juga ikut seleksi di perguruan tinggi Z. Aplikasinya bisa seperti ini, seorang A bisa ikut Snmptn jalur tertulis dengan memilih Unpad jurusan psikologi misalnya, ia juga bisa memilih untuk mengikuti UM Undip jurusan psikologi dengan ujian UM Undip, serta ia pun tidak tertutup kemungkinan untuk mengikuti USM Stan.

Semoga artikel yang kami buat bermanfaat!
Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment