Wednesday, May 23, 2012

Sistem Penilaian TPA

Sistem penilaian TPA (Tes Potensi Akademik) dianggap menyerupai GMAT dan GRE. Gmat adalah Graduate Management Admission Test merupakan tes standar untuk menentukan "aptitude" dalam ilmu manajemen bisnis. Kebanyakan sekolah Master Bisnis Administrasi (MBA) menerapkan penilaian GMAT sebagai kriteria masuk. Sedangkan GRE merupakan singkatan dari The Graduate Record Examination sebagai tes standar yang merupakan syarat penerimaan untuk lulusan sekolah di Amerika Serikat dan berbagai negara di seluruh dunia. GRE General Test ditawarkan sebagai ujian berbasis komputer yang dikelola oleh pusat pengujian yang dipilih berkualitas.


Pada tes TPA secara umum dikenal 4 (empat) subtes yaitu : verbal, numerik, logika, dan spasial. Seluruh soal sekitar 280 butir soal. Sedangkan penilaian bisa memaka cara berikut ini :


  1. Silakan jumlahkan jawaban Anda yang benar

  2. Kurangi dengan jawaban yang salah, caranya :

      a. Jumlahkan jawaban yang salah

      b. Kalikan jawaban yang salah dengan 1/4

      c. Kurangi jawaban yang benar (1) dengan (2b)


  3. Bulatkan nilai menjadi nilai mentah

  4. Nilai dapat dikonversi menjadi nilai GMAT/GRE dan Nilai IQ



Demikian sistem penilaian Tpa yang bisa kami jelaskan.

Author : Drs. Asep Rusmana, SH
(Konsultan Pendidikan)
Untuk mengenal lebih baik lagi tentang Tes Potensi Akademik dan dalam rangka mempersiapkan ujian Tes Potensi Akademik Anda silakan baca artikel yang kami buat Belajar Tes Potensi Akademik, Terima kasih dan semoga sukses Amin!.

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment