Thursday, May 24, 2012

Smup Unpad

Smup Unpad merupakan sistem Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran, yaitu suatu mekanisme seleksi yang dilakukan oleh Unpad untuk menjaring calon mahasiswa baru, secara mandiri.
Kriteria yang diharapkan bagi calon peserta SMUP adalah para calon mahasiswa/mahasiswi yang memiliki kecerdasan dan kemampuan akademik yang baik, juga memiliki kemampuan ekonomi yang baik. SMUP telah dilaksanakan sejak tahun 2006.

Tujuan SMUP adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi di Unpad, namun tidak tertampung dalam proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional.
Disamping itu dikarenakan peminat untuk studi di Unpad, semakin lama semakin tinggi, namun daya tampung melalui seleksi nasional sangat terbatas.
SMUP dilaksanakan juga dengan mempertimbangkan bahwa Unpad memiliki kemampuan memberdayakan berbagai fasilitas yang ada untuk melaksanakan proses belajar mengajar bagi mahasiswa, selain yang diterima melalui seleksi nasional.

Pada awalnya program SMUP dilaksanakan secara terpisah bagi setiap jenjang, terutama diploma, sarjana, dan pascasarjana. Calon peserta membeli formulir dengan melakukan pembayaran di bank, dan menukarnya dengan formulir di meja Panitia. Kemudian calon peserta mengembalikan formulir dalam antrian yang panjang, dan menunggu jadwal ujian tulis dilaksanakan.

Namun sejak tahun 2009, penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru dilakukan di bawah satu bendera SMUP, diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan di Unpad (S-1, S-2, S-3, D-3, D-4, Profesi, Spesialis). Calon peserta membeli PIN di bank BNI, BRI, BTN, BJB, untuk bisa melakukan pengisian biodata online (pendaftaran) melalui laman smup.unpad.ac.id.
Mulai tahun 2011 mekanisme penerimaan mahasiswa baru melalui SMUP Program S-1 mengalami perubahan.

Untuk seleksi Smup Unpad tahun 2012 pun ada beberapa perubahan yang harus dicermati oleh calon mahasiswa dalam hal-hal sebagai berikut :

1. Peserta untuk membayar biaya seleksi harus memperoleh No Tagihan dengan akses ke http://pendaftaran.unpad.ac.id, isi data-data yang diperlukan lalu membayar di Bank Mandiri dengan memilih salah satu cara metode pembayaran melalui: Teller, ATM, Internet Banking (IB) Bank Mandiri.
2. Mengisi biodata online dengan benar dan lengkap, lalu memperoleh Kartu Peserta Ujian dan Bukti Pendaftaran.
3. Bukti Pendaftaran diisi dan dilengkapi, lalu dimindai atau discan dan diupload kembali ke situs http://pendaftaran.unpad.ac.id.

Pendaftaran Online



Pendaftaran SMUP 2012 untuk Tahun Akademik 2012/2013 telah dibuka untuk Program Diploma (D-3, D-3 Kebidanan), Program Magister (S-2), Program Doktor (S-3), Program Profesi (Profesi Akuntansi dan Profesi Apoteker), Program Spesialis (PPDS dan PPDGS), sedangkan untuk Program Sarjana (S-1) dimohon memilih menu Program Sarjana di situs smup.unpad.ac.id.

Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment