Saturday, May 5, 2012

Soal Cpns

Soal Ujian CPNS merupakan sebuah tes standar yang dipakai untuk menyeleksi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik untuk CPNS departemen maupun non departemen. Dari tahun ke tahun materi Soal Seleksi CPNS selalu mengalami perubahan, baik hal dalam jenis, komposisi, maupun prosentase jumlah soal suatu bidang tertentu terhadap keseluruhan soal. Sebagai suatu jenis tes standar menurut kami soal cpns diberikan dan untuk mencapai tujuan dengan cara yang konsisten. Tes seperti ini biasanya dirancang sedemikian rupa sehingga pertanyaan, kondisi untuk administrasi, mencetak prosedur, dan interpretasi konsisten dengan cara yang telah ditentukan standar.

Di Negara Indonesia Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI merupakan penyelenggara utama dalam seleksi CPNS yang bersifat umum. Hal ini tertuang dalam Pasal 21 ayat 4 RUU tentang Pokok-pokok Kepegawaian Negara. Disebutkan juga dalam tes seleksi CPNS terdiri dari dua tahap, yaitu yang bersifat umum dan khusus. Di dalam Pasal 19 disebutkan, pengadaan pegawai sipil adalah untuk mengisi formasi. Di mana pengisian formasi dapat dilakukan melalui pengadaan CPNS atau mutasi pegawai sipil untuk pengisian jabatan yang kosong. Formasi digunakan sebagai dasar rujukan dalam penyusunan program-program kepegawaian seperti pengadaan, penempatan, pengembangan karir, dan pengendalian pegawai sipil.

Diatur lebih lanjut dalam Pasal 22 diatur tentang penyeleksian pegawai sipil yang dilakukan panitia penerimaan pegawai yang dibentuk masing-masing kementerian dan pemda. Ketentuan seleksinya juga ditetapkan dengan PP.


Pola-pola Soal Cpns




  1. Pola Cpns bidang Pancasila dan UUD 1945 yang sering muncul ini terdiri dari 100 Cpns bidang. Dengan mempelajari dan menguasai Pola Cpns bidang ini, Insya Allah anda dapat menaklukkan Cpns bidang-Cpns bidang CPNS Pancasila dan UUD dengan sangat mudah.



  2. Pola Cpns bidang Bahasa Indonesia yang sering muncul ini terdiri dari 100 Cpns bidang. Dengan mempelajari dan menguasai Pola Cpns bidang ini, Insya Allah anda dapat menaklukkan Cpns bidang-Cpns bidang CPNS Bahasa Indonesia tanpa mengalami kesulitan.


  3. Pola Cpns bidang Bahasa Inggris yang sering muncul ini terdiri dari 100 Cpns bidang. Dengan mempelajari dan menguasai Pola Cpns bidang ini, Insya Allah anda dapat menaklukkan Cpns bidang-Cpns bidang CPNS Bahasa Inggris dengan lebih mudah.


  4. Pola Cpns bidang Sosial Politik (Sejarah, Pemerintahan dan Sistem Administrasi Negara/ Tata negara) yang sering muncul ini terdiri dari 100 Cpns bidang. Dengan mempelajari dan menguasai Pola Cpns bidang ini, Insya Allah anda dapat menaklukkan Cpns bidang-Cpns bidang CPNS Sosial Politik dengan cukup mudah.



Perkembangan Soal Seleksi CPNS



Sebelum tahun 1990 Soal Seleksi CPNS berbagai departemen dan non departemen, umumnya hanya berisi Tes Kemampuan Umum seperti materi Pancasila, UUD 1945, Sejarah, Pemerintahan (Tata Negara), Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Pada perkembangannya, mulai tahun 1998, Soal Cpns mulai menunjukkan perbedaan. Sejak tahun tersebut mulai muncul soal-soal dari jenis Tes Bakat Skolastik. Soal jenis Tes Bakat Skolastik ini terdiri dari Tes Verbal, Tes Numerik, Tes Logika, dan Tes Spasial. Tes Verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata. Tes numerik berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur, logis dan matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram. Sedangkan tes spasial, berfungsi mengukur daya logika imajinasi ruang (gambar) yang dimiliki seseorang. Tes ini terdiri dari tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Dan akhirnya, mulai tahun 2005 sampai dengan sekarang, Soal Seleksi CPNS baik CPNS departemen/ kementrian, maupun non departemen (CPNS Pemprov, CPNS Pemkab dan CPNS Pemkot) umumnya telah menambahkan jenis soal baru, yakni Tes Skala Kematangan. Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam tes CPNS sesungguhnya adalah sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak ketika dihadapkan pada situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, Tes Skala Kematangan merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness. Para psikolog yang mengembangkan Maturity Test ini antara lain Dr.Robert Epstein, seorang psikolog Amerika yang meraih gelar PhD bidang Psikologi dari Universitas Harvard pada tahun 1981. Epstein adalah profesor dan peneliti ilmu psikologi, yang mendirikan Cambridge Center for Behavioral Studies di Massachusetts Amerika. Epstein juga merupakan peneliti dan Profesor pada California School of Professional Psychology, sekaligus mengajar di National University, Boston University, the University of Massachusetts at Amherst, the University of California San Diego, and the HAL College of Technology and Design (Jepang).

Materi Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam Ujian Tes CPNS lebih menekankan aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh sosok seorang pegawai negara (pegawai negeri). Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Skala Kematangan CPNS tersebut adalah aspek integritas, aspek kejujuran, aspek tanggung-jawab, aspek kemampuan beradaptasi, aspek pengendalian diri, aspek semangat berprestasi, aspek inisiatif, aspek kreatifitas kerja, aspek ketekunan, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek ketegasan, aspek kepercayaan diri, aspek toleransi, aspek kepedulian lingkungan, dan aspek efisiensi kerja.

Berdasarkan perkembangan pola Soal Seleksi CPNS dari tahun ke tahun dapat dicermati satu hal. Yaitu prosentase jumlah Soal Seleksi Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan cenderung naik, sementara prosentase jumlah Soal Seleksi Pengetahuan Umum cenderung menurun.

Untuk mengenal lebih baik lagi tentang tipe-tipe Soal Cpns dan Latihan Soal Cpns untuk mempersiapkan ujian cpns Anda silakan miliki panduan dan tips-tips lengkap mengerjakan Soal Cpns ini dalam ebook "Paket Lengkap Soal Soal Cpns". Paket ini berisi soal, jawaban, pembahasan, cara penilaian masing-masing tes, dan panduan serta tips lengkap mengerjakan masing-masing jenis Soal Cpns. Segera pelajari ebook ini untuk kesuksesan seleksi cpns Anda ! Segera Join Member dan download Ebook ini di disini, Terima kasih.

Ebook tersebut disusun oleh Team ahli. Tim Ahli Soal CPNS terdiri dari sekelompok penulis buku profesional, berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Tim Ahli Soal CPNS telah melakukan penelitian mendalam terhadap model dan pola soal-soal CPNS selama 11 tahun terakhir, yaitu tahun 2000 sampai dengan 2011. Alhamdulillah, saat ini Tim Ahli Soal CPNS berhasil menyajikan untuk anda, Paket Ebook CPNS Indonesia. Paket ini terdiri dari 10 jenis soal. Selengkapnya materi yang terpercaya ini adalah sebagai berikut:

1. Prediksi Soal CPNS 2012
2. Paket Materi Pola Soal CPNS yang sering muncul selama 10 tahun terakhir
3. Paket Materi Kisi-kisi Materi Soal CPNS
4. Paket Materi Tes Kemampuan Bidang (TKB)
5. Paket Materi Tes Bakat Skolastik (TBS)
6. Paket Materi Tes Potensi Akademik (TPA)
7. Paket Materi Psikotes (Tes Psikologi)
8. Paket Materi Tes Skala Kematangan (TSK)
9. Paket Materi Kumpulan Soal CPNS Th. 2000-2011
10. Paket Materi Kumpulan Undang-undang


Copyright©2012


Related Articles:

No comments:

Post a Comment