Saturday, May 19, 2012

Soal Snmptn

Ujian tertulis Snmptn atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu bentuk ujian penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara tertulis (Utul), selain program mandiri (melalui Ujian Mandiri) dan penyaluran minat dan bakat melalui sekolah-sekolah (PMDK). Ujian ini dilaksanakan selama dua hari dalam setiap tahunnya secara serentak di seluruh Indonesia, biasanya dilaksanakan pada awal bulan Juli.

Soal-soal yang diujikan sebenarnya relatif tetap dari tahun ke tahun. Semenjak pelaksanaan Skalu tahun 1976 sampai pelaksanaan sistem penerimaan mahasiswa yang bernama SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), mata pelajaran yang diujikan tidak mengalami perubahan/penambahan yang berarti. Bahkan ketika Snmptn pertama kali digelar tahun 2008 komposisinya masih sama dengan Spmb. Barulah pada pelaksanaan Snmptn 2009 terjadi beberapa perubahan dalam jumlah / jenis mata ujian Snmptn. Selain materi soal yang tidak lagi mengulang soal-soal yang tercakup dalam ujian nasional SMA atau sederajat, calon mahasiswa juga menghadapi suatu materi ujian yang bernama tes potensi akademik (Tpa).


Mulai Snmptn 2009 materi soal-soal ujian Snmptn meliputi bidang studi dasar (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika) serta bidang studi IPA (Fisika, Kimia, Biologi)/IPS (Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, dan PPKN) yang bersifat prediktif dan bertujuan untuk mengetahui potensi calon mahasiswa sesuai dengan program studi pilihannya. Adapun tes potensi akademik atau semacam tes psikologi menampilkan soal- soal yang bersifat analisis, logika, dan argumentatif dengan bobotn 30 persen dan bidang studi 70 persen. Alasan perubahan ini adalah bahwa soal-soal Snmptn harus dibuat berbeda dengan soal-soal ujian nasional SMA dan sederajat.

Sedangkan untuk program studi yang ada ujian praktiknya, seperti seni dan olahraga, pembobotan sekitar 60 persen untuk tes potensi akademik dan bidang studi, sedangkan bobot tes praktik ditetapkan sekitar 40 persen.

Copyright©2012

Related Articles:

No comments:

Post a Comment