Sunday, December 2, 2012

Definisi Uji Publik

Term uji dapat berarti percobaan untuk mengetahui kualitas sesuatu (ketulenan, kecakapan ketahanan, dsb) atau memeriksa untuk mengetahui mutu sesuatu. Sedangkan publik adalah orang banyak (umum) atau yang mengenai orang atau masyarakat, dimiliki masyarakat, serta berhubungan dengan, atau mempengaruhi suatu bangsa, negara, atau komunitas. Dalam lingkup organisasi/ perusahaan publik dibedakan menjadi:
  1. Publik internal dan publik eksternal
  2. Publik primer, sekunder, dan marjinal
  3. Proponent (publik yang memihak), opponent (publik yang menentang), dan uncommitted yang berarti publik yang tidak peduli.
  4. Mayoritas diam (silent majority) dan minoritas vokal (vocal minority).

Menurut mega situs uji publik dapat didefinisikan sebagai kegiatan semi-sosialisasi dari (draft) standar yang sedang dikembangkan sehingga publik dapat mengetahui lebih dini atas standar yang akan diterbitkan. Kegiatan uji publik ini biasanya merupakan penyempurnaan gagasan yang sudah lama dihimpun dan ditelaah. Dengan adanya uji publik, masyarakat dapat mengetahui struktur draft dari sesuatu yang diuji publik dan juga dapat memberi saran atau kritik, tentunya yang bersifat membangun.

Penyelenggaraan uji publik tersebut dalam masyarakat modern dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara pertama, bisa dilakukan secara online (daring). Cara kedua, dengan mengundang para pihak untuk mengikuti diskusi kelompok terfokus atau seminar. Cara yang ketiga, dengan menggelar forum khusus dengan pihak-pihak yang berpengaruh pada keberhasilan atau tidaknya sesuatu yang diuji publik.

Sebagai contoh dari uji publik adalah uji publik kurikulum dan uji publik Honorer K2. Demikian info pengertian uji publik kami samapainkan. Semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber Acuan :

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
  2. Kemdikbud

Copyright@2012 Megasitus.com

Related Articles:

No comments:

Post a Comment