Tuesday, December 18, 2012

Info Simak UI 2013

Simak UI merupakan sistem seleksi terpadu Universitas Indonesia (UI) untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Dalam 1 kali ujian, peserta dapat mendaftar di program S1, Reguler, S1 Paralel dan Vokasi sekaligus. Sedangkan siswa yang memilih S1 Kelas Internasional, mengikuti ujian dalam waktu yang berbeda. Peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Tahun Akademik 2013, 2012, 2011 dapat mendaftar di S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi maupun S1 Kelas Internasional. Bagi peserta yang lulus SMA/SMK/MA/Sederajat sebelum Tahun Akademik 2011 (yakni 2010, 2009, 2008 dst.) berkesempatan mendaftar di S1 Paralel, Vokasi dan S1 Kelas Internasional.

Untuk tahun akademik 2013/2014 Universitas Indonesia (UI) kembali membuka peluang bagi yang berminat menuntut ilmu di UI melalui Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau Simak UI pada tahun depan. Menurut Pejabat Sementara Rektor UI, Djoko Santoso Simak UI biasanya digelar setelah SNMPTN. Untuk saat ini, pihak universitas masih mempersiapkan penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN yang pendaftarannya akan dibuka Februari mendatang.

Simak UI sendiri tidak terbatas bagi yang ingin mengambil gelar sarjana saja. Namun bagi yang ingin mengambil gelar diploma melalui jenjang vokasi, gelar master dan gelar doktor dapat mengikuti ujian ini. Ujiannya juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan lain-lain.

Selain itu, Simak UI ini juga tidak mengharuskan pesertanya pernah mengikuti Ujian Nasional (UN). Selama yang bersangkutan memiliki ijazah paket C (setara SMA) atau mendapat surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan maka dirinya berhak untuk mengikuti Simak UI.

Sebagai info bahwa Universitas Indonesia (UI) menerima calon mahasiswa baru melalui berbagai jalur. Selain SIMAK, UI juga tetap membuka jalur SNMPTN sebagai jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik. Seleksi tidak berupa ujian tulis, melainkan berupa seleksi nilai raport. Program pendidikan yang dibuka untuk jalur ini adalah S1 Reguler. Siswa yang dapat diajukan untuk mengikuti program ini adalah peserta UN 2013. Selanjutnya PPKB merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Paralel dan Vokasi. Hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini. Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2013. Kemudian jalur talentscouting sebagai jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini. Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2013. Selain itu UI juga akan mengikuti seleksi tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sebagai pengganti SNMPTN tulis. Program pendidikan yang ditawarkan dalam seleksi ini adalah S1 Reguler. Peserta yang dapat mendaftar program ini adalah lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Tahun Akademik 2013, 2012, 2011.

Sumber : Universitas Indonesia (UI)

Related Articles:

No comments:

Post a Comment