Tuesday, January 15, 2013

Latihan Soal UN 2013 Gratis

Menurut Pemerintah ujian nasional (UN) tahun 2013 kemungkinan berubah. Salah satu perubahan yang diagendakan adalah bertambahnya jumlah paket soal UN untuk jenjang SMA/MA/SMK, dari 5 paket ke 20 paket. Dengan perkembangan kebijakan yang bisa menyebabkan ujian nasional lebih sulit, kami mencoba memberi info suatu model latihan Soal untuk ujian tingkat/jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/sederajat yang didesain sedemikian rupa dengan memperhatikan kisi-kisi ujian nasional resmi dari Pemerintah.

Kami yakin latihan soal ini dapat membantu kesulitan para pelajar, disamping itu kiranya bisa dijadikan suatu model pengembangan latihan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah. Baiklah kami sampaikan saja jenis latihan soal UN 2013 yang bisa anda pilih berdasarkan kebutuhan Anda. Latihan soal terdiri dari Latihan Soal UN SD/MI, Latihan Soal UN SMP/MTs, Latihan Soal UN SMA/MA, dan Latihan Soal UN SMK/sederajat.

Berikut kami sampaikan beberapa contoh latihan soal dan pembahasannya, kita ambil contoh latihan soal bahasa Indonesia untuk SMA/MA program Bahasa :

Soal Latihan:


Kata trotoar berasal dari bahasa Prancis yakni trotoir yang artinya tempat pejalan kaki. Namun, kini keberadaan trotoar tersebut sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Contohnya, di Bandung, trotoar dijadikan lapak oleh pedagang kaki lima sebagai tempat berjualan. Boleh jadi memang Kota Bandung merupakan “surga” pedagang kaki lima.

1. Jika paragraf di atas diungkapkan dengan satu kalimat, maka kalimat yang tepat adalah

(A) Trotoar adalah tempat pejalan kaki.
(B) Trotoar sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
(C) Trotoar dijadikan tempat pedagang kaki lima.
(D) Trotoar di Kota Bandung merupakan surga pedagang kaki lima.
(E) Trotoar di Kota Bandung sudah tidak berfungsi sebagai tempat pejalan kaki.


2. Kata surga dalam kalimat terakhir diapit oleh tanda kutip karena

(A) mengapit kata yang berasal dari pembicaraan
(B) mengapit istilah ilmiah yang kurang dikenal
(C) mengapit kata yang dipakai dengan arti khusus
(D) mengapit kata sebagai julukan
(E) mengapit ungkapan yang kurang tepat

3. Penulisan kalimat yang seluruhnya sesuai dengan EYD terdapat dalam kalimat

(A) Penghancur-leburan negara Irak oleh tentara Amerika Serikat disamping merupakan pelanggaran hak asasi manusia, juga sangat biadab.
(B) Proses pembelajaran ekstra kurikuler harus sesuai dengan manajement berbasis sekolah.
(C) Marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang.
(D) Apabila Anda puas dengan pelayanan kami, beritahulah teman dan kerabat Anda dan apabila tidak puas, beritahulah kami.
(E) Setelah menjadi syah bandar di Pelabuhan Tanjung Priok, orang itu menjadi kaya raya.

4. Penulisan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat

(A) Pada hari Idul Fitri tahun ini, Ananda ingin sekali berkumpul dengan Ayah dan Bunda, tetapi keinginan tersebut tidak dapat terkabulkan. Oleh karena itu, Ananda mohon maaf.
(B) Dari Penelitian LPEM, impor kendaraan bekas dapat mengakibatkan Devisa yang hilang mencapai 180 s.d. 450 juta dollar AS.
(C) Kami menelusuri jalan-jalan desa naik turun Pegunungan di Daerah Kabupaten Gunung Kidul.
(D) Kami juga sempat menelusuri rute yang pernah dilalui Jenderal Sudirman dalam bergerilya melawan Belanda. Padahal, ketika itu Pak Dirman dalam keadaan sakit.
(E) Hukum yang berlaku di negara kita tertera dalam Kitab Undang-Undang perdata.

5. Tempatnya memang kurang menguntungkan, tetapi keindahannya sangat memukau.

Arti ke-an pada kata keindahan dalam kalimat di atas terdapat juga pada arti -nya pada kalimat

(A) Tasnya tertinggal di dalam kelas.
(B) Lahirnya bangsa Indonesia tidak pernah diketahui secara pasti.
(C) Rupanya musim kemarau tahun ini lebih panjang daripada tahun lalu.
(D) Orang itu kekayaannya mencapai 600 miliar rupiah.
(E) Filmnya sangat bagus.

Pembahasan Latihan:


1. Jawaban: D

Jika paragraf di atas diungkapkan dengan satu kalimat, maka kalimat yang tepat adalah Trotoar di Kota Bandung merupakan surga pedagang kaki lima.

2. Jawaban: C

Kata surga dalam kalimat terakhir diapit oleh tanda kutip karena mengapit kata yang dipakai dengan arti khusus.

3. Jawaban: A

Penulisan kalimat yang seluruhnya sesuai dengan EYD terdapat dalam kalimat ekstra kurikuler .. ekstrakurikuler, Mahapengasih .. Maha Pengasih, Mahapenyayang .. Maha Penyayang, Beritahulah .. Beri tahulah, syah bandar .. syahbandar

4. Jawaban: A

Penulisan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat Devisa, Pegunungan, Pak Dirman, tidak perlu huruf kapital Undang-Undang perdata .. Perdata

5. Jawaban: B

Arti ke-an pada kata keindahan dalam kalimat di atas terdapat juga pada arti -nya pada kalimat Lahirnya bangsa Indonesia tidak pernah diketahui secara pasti.

Selengkapnya anda bisa mengakses unsd.org


Secara umum kami sampaikan juga jadwal ujian nasional untuk tingkat SD/MI dijadwalkan 6-8 Mei 2013 sementara latihan UN dijadwalkan 21-23 Maret 2013 (Tahap 1) dan 15-17 April 2013 (Tahap 2). Bagi tingkat SMP/MTs dijadwalkan 22-25 April 2013 sementara latihan UN dijadwalkan 21-23 Feb 2013 (Tahap 1) dan 18-20 Maret 2013 (Tahap 2). Bagi tingkat SMA/MA dijadwalkan 15 - 18 April 2013 sementara latihan UN dijadwalkan 25-27 Feb 2013 (Tahap 1) dan 20-23 Maret 2013 (Tahap 2). Untuk tingkat SMK/sederajat dijadwalkan 15 - 18 April 2013 sementara latihan UN dijadwalkan 21 - 23 Feb 2013 (Tahap 1) dan 18-20 Mar 2013 (Tahap 2).

Kita semua tentunya berharap bahwa UN 2013 bisa semakin baik dan semakin jujur, semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber :unsd.org


Related Articles:

No comments:

Post a Comment