Sunday, February 24, 2013

Hasil Quick Count Pilgub Jabar Bukanlah Hasil Final

Apabila kita lihat dari cara kerja Quick Count hasil Pemilukada Jabar 2013, kita hampir dapat menyimpulkan bahwa kemenangan diraih pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Betapa tidak dari 2 (dua) lembaga yang masing-masing menggunakan prinsip ilmu statistika, hasilnya sudah disimpulkan dari quick count Pilkada Jabar yang dilakukan oleh RCTI-SMRC : Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar: 32,38 persen dan hasil akhir quick count Pilkada Jabar yang dilakukan oleh TVone-LSI menunjukkan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar unggul atas pasangan lain dengan 33.14% persen suara dibukukan.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bekerjasama dengan RCTI menggelar quick count Pilgub Jabar. Hasil akhirnya menunjukkan pasangan nomor urut 4 Aher-Deddy Mizwar memimpin dengan 32,38 persen suara.



Hasil quick count Pilkada Jabar yang dilakukan oleh RCTI-SMRC ditampilkan di layar RCTI pukul 16.00 WIB, Minggu (24/2/2013). Data yang terkumpul telah mencapai 100 persen suara.

Berikut hasil akhir quick count Pilkada Jabar yang dilakukan oleh RCTI-SMRC:

1. Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib: 1,81 persen
2. Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim: 12,16 persen
3. Dede Yusuf-Lex Laksamana: 24,71 persen
4. Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar: 32,38 persen
5. Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki: 29,07 persen


Sedangkan quick count sementara Pilgub Jabar yang digelar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bekerjasama dengan TVOne menunjukkan 3 kandidat bersaing ketat. Pasangan cagub Aher-Deddy Mizwar unggul dengan 33.14 persen suara, Pilkada Jabar satu putaran.

Hasil quick count sementara itu ditampilkan di layar TVOne pukul 17.30 WIB, Minggu (24/2/2013). Data yang terkumpul telah mencapai 100 persen suara.

Berikut hasil akhir quick count Pilkada Jabar yang dilakukan oleh TVone-LSI, sesuai nomor urut:

1. Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib: 1,89 persen
2. Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim: 11,81 persen
3. Dede Yusuf-Lex Laksamana: 25,23 persen
4. Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar: 33.14% persen
5. Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki: 27.92% persen

Terhadap hasil quick count tersebut Ahmad Heryawan bersyukur dan menyatakan kemenangan setiap pasangan calon gubernur merupakan kemenangan seluruh rakyat Jawa Barat. Beliau berkeyakinan bahwa hitung cepat merupakan cara penghitungan modern dengan tingkat akurasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Dasar pemikiran Ahmad Heryawan mungkin juga dengan didasarkan pengetahuan beliau bahwa Quick Count merupakan metode verifikasi hasil pemilihan umum, yang datanya diperoleh dari sampel di lapangan. Berbeda dengan teknologi pooling, sampel tidak diperoleh dari para responden yang ditanyai satu per satu, melainkan diperoleh dari hasil rekap resmi di lapangan.

Namun walaupun demikian apabila kita lihat dari cara kerja Quick Count, kita dapat mengartikan bahwa hasil perhitungan Quick Count bukanlah hasil perhitungan dari seluruh TPS yang melakukan pemungutan suara, melainkan dengan menggunakan prinsip ilmu statistika. Dengan demikian, lembaga survei yang menyelenggarakan Quick Count ini hanya mengambil sampel dari sekian banyak TPS yang ada dan diambil dari TPS yang memiliki jumlah populasi yang banyak dan berbagi pertimbangan lainnya.

Walaupun hasil Quick Count ini tidak pernah tepat dan pasti, tetapi hasil dari Quick Count yang digelar oleh lembaga survei kredibel dan jujur biasanya tidak pernah meleset dari siapa yang memenangkan dari pemilihan umum tersebut.

Terus bagaimana sikap kita sebagai warga Jabar? Ya sebaiknya kita harus beranggapan bahwa hasil belum resmi, artinya belum pasti. Mari kita tunggu pengumuman hasil resmi Pemilukada Jabar nanti dari Panitia (KPU Jabar). Wallahu A'lam Bishawab, dan Hanya ALLAH yang Maha Mengetahui!

Demikian info hasil Quick Count Pilgub Jabar. Semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber:
- RCTI
- TVone

Diolah oleh Drs. Asep Ihsan, SH
(Warga Ciamis Jawa Barat)


Related Articles:

No comments:

Post a Comment